Penatalaksanaan diet dm

krisdaniamaslayla

Klasifikasi 1. Sebagai sumber protein sebaiknya diperoleh dari ikan, ayam terutama daging dadatahu dan tempe, karena tidak banyak mengandung lemak. Insulin darah: Dasar pemikiran terapi insulin: Glukosa terbuang melalui urin maka tubuh kehilangan banyak kalori sehingga nafsu makan meningkat poliphagi.

Olah Raga Dengan olahraga teratur sensitivitas sel terhadap insulin menjadi lebih baik, sehingga insulin yang ada walaupun relatif kurang, dapat dipakai dengan lebih efektif. Pada diabetes tipe II terdapat dua masalah utama yang berhubungan dengan insulin, yaitu: Pengelolaan DM dimulai dengan terapi gizi medis dan latihan jasmani selama beberapa waktu minggu.

Tujuan Perilaku Kesehatan Pasien DMMenurut Notoatmodjoperilaku kesehatan adalah suatu respon organisme terhadap stimulus atau obyek yang berkaitan dengan sakit dan penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan dan minuman, sertalingkungan. Disebabkan beberapa faktor predisposisi, misalnya: Manifestasi Klinis Gejala diabetes mellitus type 1 muncul secara tiba — tiba pada usia anak — anak sebagai akibat dari kelainan genetika sehingga tubuh tidak memproduksi insulin dengan baik.

Pengertian Diabetes Mellitus merupakan sekelompok kelainan heterogen yang ditandai oleh kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. Latihan merupakan unsur yang penting pula untuk meningkatkan efektivitas insulin.

Menstimjulasi penyimpanan glukosa dalam hati dan otot dalam bentuk glikogen 2. Diabetes Melitus DM merupakan kelainan metabolic dengan etiologi multifaktorial. Epidemiologi Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang menyerang kurang lebih 12 juta orang.

Untuk menambah pengetahuan tentang Caring 2. Dalam penatalaksanaan DM, langkah pertama yang harus dilakukan adalah penatalaksanaan tanpa obat berupa pengaturan diet dan olah raga.

Perubahanperilaku hampir sama dengan proses edukasi dan memerlukan penilaian,perencanaan, implementasi, dokumentasi, dan evaluasi. Meningkatkan derajat kesehatan menyeluruh melalui gizi optimal.

Tujuh juta dari 12 juta penderita diabetes tersebut sudah terdiagnosis; sisanya tidak terdiagnosis. Mempercepat pengangkutan asam-asam amino yang berasal dari protein makanan ke dalam sel Insulin juga menghambat pemecahan pemecahan glukosa, protein dan lemak yang disimpan.

Diabetes berada dalam urutan ketiga sebagai penyebab utama kematian akibat panyakit arteri koroner yang tinggi pada para penderiat diabetes. Hiperglikemia puasa terjadi akibat produksi glukosa yang tidak terukur oleh hati.

Dalam keadaan normal insulin mengendalikan glikogenolisis pmecahan glukosa yang disimpan dan glukoneogenesis pembentukan glukosa baru dari asam-asam amino serta substansi lainnamun pada penderita defisiensi insulin, proses ini akan terjadi tanpa hambatan dan lebih lanjut turut menimbulkan hiperglikemia.

Diet Pada Kencing Manis

Jika konsentrasi glukosa dalam darah cukup tinggi, ginjal tidak dapat menyerap kembali semua glukosa yang tersaring keluar; akibatnya, glukosa tersebut muncul dalam urin glukosuria. Pengelolaan mandiri diabetes secara optimal membutuhkan partisipasi aktif pasien dalam merubah perilaku yang tidak sehat.

Karena alasan inilah, wanita yang menderita diabetes harus mengendalikan penyakitnya dengan baik sebelum konsepsi terjadi dan sepanjang kehamilannya.

Penatalaksanaan Diabetes Melitus ( Dm )

Walaupun rekomendasi gizi untuk pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada dasarnya ialah sama. Glukosa dibentuk dihati dari makanan yang dikonsumsi Brunner dan Suddarth: The items are: Pemeriksaan diagnostic yaitu: Dalam pengaturan makan harus diingat beberapa faktor yang mempengaruhi pengaturan makan yaitu: Metode Pengumpulan Data Metode cara atau teknik menunjukkan suatu kata yang abstrak dan tidak diwujudkan dalam benda, tetapi hanya dapat dilakukan penggunaannya melalui: Perubahan metabolisme lemak menimbulkan dislipidemia, ketosis, ketoasidosis, dan komplikasi dislipidemia dan aterosklerosis menyebabkan CHD.

Fungsi sel pancreas dan sekresi insulin berkurang Jumlah glukosa yang diambil dan dilepaskan oleh hati dan yang digunakan oleh jaringan perifer tergantung keseimbangan fisiologis beberapa hormon.Moved Permanently.

Penatalaksanaan Diabetes Melitus

nginx/ 2/17/ · Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 merupakan diabetes dengan onset usia dewasa. Saat ini, karena kecenderungan gaya hidup yang semakin tidak sehat, sehingga epidemi obesitas dan inaktivitas pada usia kanak-kanak, maka DM tipe 2 sudah memiliki kecenderungan terjadi pada usia lebih muda.

Mati rasa atau kesemutan di kaki dan tangan 9. Mual dan muntah D.

Tatalaksana Pasien Diabetes

PENGELOLAAN DM Perawatan DM dirumah saat ini sangat dianjurkan karena pengobatan dan perawatan DM membutuhkan waktu yang lama. Cara Perawatan Pasien DM di Rumah adalah dengan jalan: 1.

Minum obat secara teratur sesuai program 2. Diet yang tepat 3. Nama, usia (DM Tipe 1 Usia DM Tipe 2 Usia > 30 tahun, cenderung meningkat pada usia > 65 tahun), kelompok etnik di Amerika Serikat golongan Hispanik serta penduduk asli Amerika tertentu memiliki kemungkinan yang lebih besar, jenis kelamin.

Penatalaksanaan: Kendalikan gd Kendaikan TD Diet protein gr/hr Libatkan ahli nefrologi jika serum kreatinin telah mencapai lebih atau sama dengan mg/dl PENANGANAN DM DENGAN KOMPLIKASI DM DENGAN GANGGUAN FUNGSI EREKSI DE (Disfungsi Ereksi) akibat dari neuropati otonom, angiopati dan problem psikisAuthor: Keperawatan.

1/22/ · Dalam mengelola diabetes mellitus lagkah pertama yang haru dilakukn adalah dengan cara non- farmakologis, apabila sasaran pengendalian diabetes belum tercapai, dilanjutkan dengan cara farmakologis.

Sarana pengelolaan farmakologis diabetes mellitus dapat berupa pemberian obat hipoglikemik oral (DM tipe 2) dan insulin (DM Tipe 1).

Penatalaksanaan diet dm
Rated 3/5 based on 40 review