Perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah

Menurut Kloosterman perbedaan ini dapat mencapai gram pada kehamilan 40 minggu. Persiapan memberikan ASI dilakukan bersamaan dengan kehamilan.

BERAT BAYI LAHIR RENDAH (BBLR)

Penyakit membran hialin: Pengaruh status gizi ibu terhadap kejadian BBLR Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah, baik pada ibu maupun janin, seperti diuraikan berikut ini: Pada hipertensi dan penyakit ginjal kronik misalnya, terjadi gangguan peredaran darah dari ibu ke janin karena gangguan sirkulasi sistemik, sehingga nutrisi untuk janin berkurang dan menyebabkan pertumbuhan janin yang terhambat.

Kelembaban inkubator berkisar antara 50 — 60 persen. Hal ini penting untuk memudahkan pengawasan mengenai keadan umum, perubahan tingkah laku, warna kulit, pernapasan, kejang dan sebagainya sehingga penyakit yang diderita dapat dikenal sedini mungkin dan tindakan serta pengobatan dapat dilaksanakan secepat-cepatnya.

Membantu dalam mengatur pernafasan dan detak jantung bayi Agar tubuh bayi tetap dalam keadaan sehat. Keadaan status gizi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi janin. Kurangnya kemampuan untuk mencerna makanan.

Berat Badan Lahir Bayi Rendah

Bayi berat rendah harus diasuh dalam suatu suhu lingkungan dimana suhu normal tubuhnya dipertahankan dengan usaha metabolic yang minimal. Prawirohardjo, P.

Berat lahir bayi itu sendiri mencerminkan kecukupan nutrisi dan perkembangan ketika dalam kandungan. Cara lain untuk mempertahankan suhu tubuh bayi sekitar 36 0C - 37 0C adalah dengan memakai alat perspexheat shield yang diselimuti pada bayi didalam inkubator.

Nah, setibanya di rumah Anda bisa melakukan beberapa tindakan berikut. Kebutuhan nutrisi akan meningkat pada masa kehamilan, bahkan akan meningkat semakin tinggi jika ibu dalam masa kehamilan dan menyusui bayinya dengan bersamaan.

Bila tindakan ini gagal, dilakukan ventilasi, intubasi endotrakheal, pijatan jantung dan pemberian oksigen dan selama pemberian intake dicegah terjadinya aspirasi. Koordinasi antara isap dan menelan, dengan penutupan epiglotis untuk mencegah aspirasi pneumonia, belum berkembang dengan baik sampai kehamilan minggu.

Bayi dengan berat lahir rendah rentan terhadap infeksi kuman penyakit. Produksi amilase pankreas dan lipase, yaitu enzim yang terlibat dalam pencernaan lemak dan karbohidrat juga menurun. Mengkaji perubahan-perubahan yang terjadi pada bayi dengan kasus BBLR. Perawatan kulit Kulit bayi prematur sangat imatur dibandingkan bayi yang cukup bulan.

Masalah kesehatan ibu, baik kesehatan fisik maupun psikis dapat menjadi faktor penyebab bayi lahir dengan berat rendah. BBLR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan Depkes RI, Hipotermia Beberapa penyakit yang berhubungan dengan dismaturitas: Sindrom ini mencakup kelahiran prematur, retardasi pertumbuhan janin, cacat lahir dan retardasi mental.

Metodelogi Penelitian Kesehatan.

Cara Merawat Bayi Dengan Berat Lahir Rendah (BBLR)

Tidak diketahui penyebabnya. Suhu Tubuh -Pusat pengatur napas badan masih belum sempurna -Luas badan bayi relatif besar sehingga penguapannya bertambah -Otot bayi masih lemah -Lemak kulit dan lemak coklat kurang, sehingga cepat kehilangan panas badan -Kemampuan metabolisme panas masih rendah, sehingga bayi dengan berat badan lahir rendah perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak kehilangan panas badan dan dapat dipertahankan.

Untuk mencegah hypotermi, perlu diusahakan lingkungan yang cukup hangat untuk bayi dan dalam keadaan istrahat konsumsi oksigen paling sedikit, sehingga suhu tubuh bayi tetap normal. Tujuan Khusus Dengan pembuatan makalah ini maka mahasiswa mampu: Bayi dikatakan memiliki berat lahir sangat rendah apabila ia terlahir dengan berat 1,5 kg, serta memiliki berat lahir rendah ekstrem apabila berat lahirya di bawah 1 kg.

Jika saat kehamilan terjadi kekurangan nutrisi, maka akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Hindari Asap Rokok Asap rokok berbahaya untuk bayi. Perubahan tersebut antara laian: Dengan demikian para ibu hamil, diharapkan dapat memilih makanan yang bergizi, guna menghindari lahirnya bayi dengan berat badan lahir rendah.

Sebaliknya pendidikan yang rendah akan sulit bagi seorang ibu untuk menerima inovasi dan sebagian besar kurang mampu menciptakan kebahagiaan dalam keluarganya, selain itu kurang menyadari betapa pentingnya perawatan sebelum melahirkan.

Rawat dengan metode kangaroo care ayah atau bunda memeluk bayi setiap saat dengan kulit bayi terkena kulit ayah atau bundanya, lalu tubuh keduanya diselimuti dengan pakaian tebal dan lembut.

Infeksi local bayi cepat menjalar menjadi infeksi umum. BAB II. Ganggua yang menyebabkan tidak terpenuhinya gizi akan menyebabkan gangguan pada janin dan beresiko untuk melahirkan bayi BBLR.

Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hyperbilirubinemia kuning samai ikterus 5. Depkes RI, Perawatan bayi prematur mungkin harus lebih ekstra dibandingkan merawat bayi yang lahir tepat pada waktunya dengan berat badan yang normal.

Kelahiran bayi prematur biasanya disebabkan karena sang ibu mengalami infeksi, preeklamsia, ketuban pecah dini dan lain sebagainya. Bayi dikatakan lahir dengan berat badan rendah apabila saat dilahirkan memiliki berat badan kurang dari gram atau 2,5 kg. Bayi dikatakan memiliki berat lahir sangat rendah apabila ia terlahir dengan berat 1,5 kg, serta memiliki berat lahir rendah ekstrem apabila berat lahirya di bawah 1 kg.

Berat lahir bayi itu sendiri mencerminkan kecukupan nutrisi dan perkembangan ketika dalam kandungan.

Perawatan Bayi Prematur Baru Lahir

BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Bayi lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) merupakan masalah kesehatan yang sering dialami pada sebahagian masyarakat yang ditandai dengan berat lahir kurang dari gram. · Bayi berat lahir rendah (BBLR)/ Low birthweight infant adalah bayi dengan berat badan lahir sampai kurang dari gram.

Bayi berat lahir sangat rendah (BBLSR)/ Very low birthweight infant adalah bayi dengan berat badan lahir gram. Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram.

Bayi dengan berat badan lahir rendah, dirawat didalam incubator. Prosedur perawatan dapat dilakukan melalui “jendela“ atau “lengan baju“. Sebelum memasukkan bayi kedalam incubator, incubator terlebih dahulu dihangatkan, sampai sekitar 29,4 C, untuk bayi dengan berat 1,7 kg dan 32,20C untuk bayi yang lebih kecil.

Bayi dirawat dalam keadaan telanjang, hal ini memungkinkan pernafasan yang adekuat.

Perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah
Rated 4/5 based on 89 review