Sni berat badan sapi bali

Jumain Nage dan ibunda tercinta Hatijah Tepu atas segala doa, motivasi, kasih sayang, dan pengorbanan serta materi yang diberikan kepada penulis. Persyaratan tersebut antara lain dari segi teknis, ekonomi, kesehatan kandang ventilasi dan pembuangan kotoranefisien pengelolaan dan kesehatan lingkungan di sekitarnya.

Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif Tingkat pemotongan sapi Bali betina di Rumah Pemotongan Hewan kota Makassar mencapai Menurut hasil penelitian Putu et al rata-rata berat lahir sapi PO betina 19,68 kg.

Rendahnya berat daging di RPH disebabkan oleh pemotongan ternak muda. Pakan hijauan dapat diberikan dalam bentuk diawetkan atau olahan. Hayati, A. Karya skripsi yang saya tulis adalah asli b.

Sapi bali ini memiliki ciri khas yaitu bulu halus, mengkilap, warna bulu merah coklat atau kuning coklat dengan warna putih setengah lingkaran di bagian pantat dan kaki di bagian bawah, warna hitam dari gumba hingga pangkal ekor.

Penimbangan dilakukan dengan cara peternak melaporkan kepada recorder tentang kelahiran pedet langsung setelah pedet lahir. Bobot lahir pedet jantan maupun betina jauh lebih besar dibanding bobot lahir sapi PO di berbagai daerah, hal ini memungkinkan ternak sapi PO Kebumen dapat dijadikan sebagai ternak bibit untuk perbaikan sapi PO di wilayah lainnya.

Ratmawati Malaka, M. Pakan ini diformulasikan dalam pakan konsentrat dan penambahan mineral. Pakan penguat adalah bahan pakan ternak sebagai sumber protein dan atau energi untuk ditambahkan ke dalam ransum ternak. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan.

Untuk pencegahan obat cacing bisa dilakukan setiap tiga bulan.

Mutu karkas dan daging sapi

Secara khusus penulis mengucapkan terima kasih yang sebesa-besarnya dengan segenap cinta dan hormat kepada ayahanda tersayang Alm. Subagyono, Subiharta, Ernawati, B. Bapak dan Ibu dosen tanpa terkecuali yang telah member ilmu pengetahuan, sumber informasi dan nasehat kepada penulis selama kuliah di Fakultas Peternakan Universita Hasanuddin.

I 11 Menyatakan dengan sebenarnya bahwa: Pakan hijauan. Hijauan pakan ternak dalam bentuk awetan juga bisa diberikan kepada ternak biasanya di olah menjadi hay, silase, amoniasi.

Usaha Penggemukan Sapi Bali (Bos Sondaicus)

Penelitian dilakukan selama dua tahun mulai dari tahun sampai tahun Sedang sapi PO pada umumnya merupakan hasil persilangan antara sapi Jawa dengan sapi Sumba Ongole, dan sapi Sumba Ongole sendiri merupakan perkawinan antara sapi Ongole dengan sapi lokal di Sumbawa, Nusa Tenggara Timur.

Mathius, dan B. Dari persyaratan diatas maka perlu memperhatikan: Metode ini berhasil sebab peternak secara proaktif melaporkan kepada recorder pada saat ternak sapinya melahirkan.

Yang bertandatangan dibawah ini: Tumbuh temu hitam, terasi dan tempe busuk sampai halus. Pedet sapi PO Kebumen baik jantan dan betina memiliki punuk Ada korelasi positif antara bobot badan induk dengan bobot lahir pedet, makin besar induk pedet yang dilakirkan juga makin berat.

Pada sapi jantan yang telah berumur lebih dari 1,5 tahun warna cokelat akan berubah menjadi hitam. Memang jika melihat kondisi di lapang, terutama di pedagang sapi di pasar ternak yang berada di setiap daerah. Pakan ternak memiliki daya cerna yang tinggi, dapat berupa campuran beberapa bahan pakan atau dapat juga merupakan bahan pakan tunggal, antara lain: Ditingkat peternak sendiri dikenal 2 bangsa sapi salah satunya sapi Madras yang dikenali dari pangkal ekor dan sekitar dubur maupun alat kelamin berwarna hitam.

Terima kasih atas segala bantuan kepada penulis selama menjadi mahasiswi. Kandang Pemeliharaan sapi bali dapat dilakukan di dalam kandang, cara ini disebut dengan kereman Dry lot fatteningsapi bali di pelihara dalam kandang secara terus menerus.

Pakan hijauan antara lain dapat berupa tanaman kacang-kacangan, rumput-rumputan, jerami padi, jerami jagung, dll. Tabel 1.

TINGKAT PEMOTONGAN DAN BERAT DAGING SAPI BALI

Lubis, T.Sapi jantan dewasa bis memiliki berat badan Kg, dengan tinggi badan kurang lebih cm. Sedangkan sapi bali betina memiliki berat badan antara Kg. Pada umur tahun bisa mencapai berat badan hingga Kg.

Populasi sapi bali saat ini mencapai sekitar 3,3 juta ekor yang tersebar di seluruh Indonesia dengan konsentrasi utama di Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Lampung dan Sumatera Selatan. dalam menetapkan mutu bibit sapi Bali merujuk pada Standar Nasional Indonesia/ SNI tentang bibit sapi Bali yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional/BSN ().

Untuk menentukan kualitas setiap kategori bibit sapi yang diteliti, data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan secara tabulasi, dengan membandingkannya dengan persyaratan minimal mutu bibit sapi Bali menurut SNI. We use cookies to make interactions with our website easy and meaningful, to better understand the use of our services, and to tailor advertising.

SNI Mutu karkas dan daging sapi Badan Standardisasi Nasional ICS “Hak Cipta Badan Standardisasi Nasional, Copy standar ini dibuat untuk penayangan di. SNI Standar Nasional Indonesia Pakan konsentrat - Bagian 2: Sapi potong ICS Badan Standardisasi Nasional “Hak Cipta Badan Standardisasi Nasional, Copy standar ini dibuat untuk penayangan di website dan tidak untuk dikomersialkan”.

Sni berat badan sapi bali
Rated 3/5 based on 16 review